Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Tambak Udang di Indramayu Terendam Banjir

–>

SuaraJabar. id semrawut Akibat rob ataupun air laut yang pasang dan juga jebolnya sejumlah tanggul menerbitkan ribuan rumah di Kabupaten Indramayu terendam banjir.

Ribuan rumah yang terbenam banjir tersebut terjadi di Kampung Eretan Wetan Kecamatan Kandanghaur dalam Kamis (4/6/2020).

“Kalau di Desa Eretan Wetan ada sekitar dua ribuan rumah yang tergenang banjir rob, ” kata Kepala Desa Eretan Wetan Edi Suhedi seperti dilansir Antara.

Edi mengemukakan, banjir rob kala ini termasuk yang parah, karena menyebabkan beberapa tanggul yang terbuat dari tumpukan tanah jebol.

Ketinggian cairan rob sendiri berkisar 30 centimeter sampai dengan 50 centimeter. Kondisi tersebut, jelas Edi, membuat beberapa warga ada yang mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Selain menggenangi ribuan rumah, banjir rob selalu mengakibatkan ratusan hektare tambak udang milik warga ikut terendam, jadi menimbulkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indramayu Muhamad Sholihin mengatakan bahan mengupayakan untuk perbaikan tanggul dengan jebol kepada pihak terkait, agar bisa meminimalkan bencana alam tersebut. (Antara)