Studi: Nangka Hijau Ampuh Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes

–>

Suara. com – Semua tentu tahu bahwa nangka merupakan salah satu buah manis yang mungkin akan dihindari oleh penderita diabetes.

Tapi, dalam sebuah penelitian yang dilakukan di American Diabetes Association, para peneliti menemukan bahwa nangka hijau bisa jadi cara yang tepat mengontrol diabetes karena memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar glukosa plasma.

Seperti dilansir dari Healthshot, untuk penelitian ini, seorang insinyur yang beralih jadi wirausahawan, James Joseph memutuskan untuk bekerja sama dengan dua profesional medis dari Government Medical College di Srikakulam, Andhra Pradesh.

Ilustrasi tes gula darah (Foto: shutterstock)

Pernah menjadi profesional yang bekerja dengan Microsoft di Inggris, Joseph memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya pada 2012 dan fokus mempelajari sifat-sifat nangka.

Pertemuan dengan mantan presiden APJ Abdul Kalam pada tahun 2014 menabur benih penelitian.

Baca Juga: Meski Jarang, Kekurangan Gula Darah Bisa Berisiko Kematian

Setelah mendapat izin dari Dewan Penelitian Medis India (ICMR), para peneliti melakukan uji coba dengan kelompok uji termasuk 40 orang — 24 pria dan 16 wanita yang menderita diabetes mellitus.

Sepanjang penelitian, kadar hemoglobin mereka dicatat. Ini menunjukkan tingkat rata-rata gula darah pasien selama dua hingga tiga bulan terakhir.

Selain itu, kadar hemoglobin dan glikohemoglobin yang terglikasi juga diperiksa secara teratur.

Baca Juga: Dimakan Saat Sarapan, Jambu Biji Bisa Bantu Turunkan Gula Darah

Setelah secara teratur memberi makan pasien-pasien yang dikemas dengan bubuk nangka, sebuah analisis dilakukan.

Ditemukan bahwa kadar hemoglobin rata-rata mereka pada awal adalah 7, 23 persen sebelum dikonsumsi.

Meskipun setelah studi 12 minggu, kadar hemoglobin rata-rata berkurang menjadi 6, 98%.

“Level glukosa plasma puasa dan postprandial juga menunjukkan peningkatan yang sama pada partisipan, ” kata Joseph.

Ketika ditanya bagaimana bisa bubuk nangka hijau dikonsumsi, Joseph berbagi bahwa itu bisa ditambahkan ke tepung untuk membuat idli, dosa, dan roti.

“Selama dua tahun terakhir saya mulai menambahkan satu sendok makan ini untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Dalam satu tahun saya bisa menghentikan insulin dan mengontrol kadar gula saya hanya dengan tablet. ”

Sebelum Anda mulai menimbun ekstrak dan suplemen nangka, ketahui hal ini: uji coba terjadi di bawah pengawasan ketat.

Diabetes, jika tidak dikelola dengan baik, dapat menyebabkan sejumlah besar masalah kesehatan. Jadi, berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum membuatnya