Tetap Tahu, Ini Jumlah Kalori dengan Dibutuhkan Oleh Pasien Kanker

–>

Suara. com – Selain menjaga gaya hidup, mengatur pola makan juga menjadi satu diantara hal yang harus diikui oleh penderita kanker. Tentunya, kebutuhan penderita kanker akan berbeda dengan karakter pada umumnya.

Nah, bicara soal gizi ternyata pasien kanker membutuhkan jumlah kalori yang lebih banyak dipadankan orang normal. Pada kanker paru misalnya, Spesialis Paru dr. Tuntutan Laksmo Andriani Sp. P(K), PhD yang menyebutkan kebutuhan kalori mereka 150 persen lebih banyak.

“Selama asupan gizi terpenuhi, terserah mau vegan ataupun tidak yang penting asupan gizi terpenuhi. Karena kebutuhan asupan gizi kanker paru itu 150 persen dibandingkan orang normal, ” perkataan dr. Sita dalam diskusi LIVE IG CISC, Sabtu (8/8/2020).

Kalori yang banyak ini dibutuhkan untuk cara pengobatan dan pemulihan tubuh melawan kanker yang menggerogoti. Begitu selalu dengan kebutuhan protein dan gemuk yang cukup tinggi.

Asupan 150 upah kalori ini adalah kebutuhan harian yang harus terpenuhi agar bisa berjuang dan bertahan. Catatan dr. Sita mengingatkan untuk jangan pernah pasien kanker memaksakan diri bertarak.

“Ada pasien disuruh puasa, dia tunggal untuk membantu kalori untuk menekan kankernya memerlukan kalori yang lebih tinggi, karena itu nggak apa-apa vegan yang penting kebutuhan kalorinya tercapai, ” paparnya

Satu lagi yang tidak boleh tertinggal adalah hajat lemak, protein, hingga vitamin dengan larut dalam lemak dan tirta seperti vitamin D.

“Paling penting vitamin D ini penting untuk daya awet tubuh terutama pada masa Covid-19 ini. Kalau bisa jemur, tanda 9 sampai jam 10 jemur untuk meningkatkan vitamin D, ” tutupnya.