Turisme Bali Bisa Dibuka Bertahap Buat Turis Asing, Ini Syaratnya

–>

Suara. com – Satuan Suruhan Penanganan Covid-19 menyatakan, hingga saat ini pemerintah pusat belum menetapkan kapan pastinya pintu masuk Bali dibuka kembali untuk wisatawan aneh.

Spesialis Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah daerah di Bali perlu melakukan pembukaan akses wisata secara bertahap dengan melakukan prakondisi dan menyiapkan fasilitas kesehatan. Lalu menerapkan protokol kesehatan secara cermat.

“Dan membukanya kalau dikatakan 11 September pastikan timingnya tepat, ” kata Wiku dalam jumpa pers dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/8/2020).

Wiku pula meminta Pemerintah Daerah Provinsi Bali untuk memetakan daerah mana saja yang berpeluang dibuka dengan menghiraukan peta zonasi resiko, tentunya secara berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat. Daerah wisata di pulau dewata itu bisa dibuka secara bertahap sambil dilakukan monitoring dan evaluasi setiap hari.

“Tentunya pembukaan wisata itu bisa dilakukan bertahap dan bertanggungjawab, ” ujarnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Daerah Bali berencana membuka pariwisata buat turis asing pada 11 September mendatang demi menghidupkan kembali ekonomi yang menjadi andalan masyarakat Bali. Bali sejauh ini juga sudah membuka pintu bagi turis lokal untuk berwisata sejak 30 Juli 2020 lalu.

Berdasarkan catatan Satgas Covid-19, jumlah pasien positif covid-19 di Bali belum menunjukkan penurunan, had Selasa (18/8/2020) tercatat 4. 158 positif, 3648 sembuh, 51 meninggal dunia.