Teja Paku Alam: Persib Tak Menetapkan Khawatir Jika Stok Kiper Beres, Ada Zulham

–>

Suara. com – Kiper inti Persib Teja Paku Alam mengatakan sosok bomber Persib Zulham Zamrun menjadi pemain di posisi non kiper yang paling layak mengisi posisi penjaga gawang saat stok kiper Persib habis dalam suatu pertandingan.

Menurut Teja, Zulham memiliki piawai cukup baik saat menempati kondisi kiper. Teja mengatakan sempat menyaksikan Zulham menempati posisi penjaga tiang, kala Zulham memperkuat PSM Makassar.

Kala itu, kata dia, stok penjaga gawang PSM sudah habis, alhasil Zulham pun berganti posisi dari pemeran depan menjadi pemain yang berharta paling belakang, alias kiper.

“Waktu lawan PSM saya masih di Emas biru Padang, dia (Zulham) kipernya. Kalau ga salah dua kiper PSM cedera, jadi gak ada pergantian lagi dan Zulham yang maka kiper, ” ungkap Teja.

Kiper Persib Bandung Teja Pasak Alam. [Dok. Persib]

Menurutnya, secara mengejutkan Zulham berhasil tampil ciamik serta hanya kebobolan sekali di simpulan laga. PSM kala itu bertandang ke markas Semen Padang berperan menjalani laga lanjutan Liga 1 2019.

Kondisi buruk menimpa PSM era dua kiper intinya, Rivky Mokodompit dan Herry Prasetyo mengalami luka dan silih bergantian harus ditandu ke luar lapangan.

Alhasil, Zulham pun harus pindah ke posisi penjaga gawang lantaran pergantian pemain PSM sudah habis kala itu. PSM harus kalah 2-1 dari Emas biru Padang di laga yang berlaku di stadion H. Agus Salim, Padang, Senin (23/9/2019), itu.

“Waktu itu dia tampil bagus, malah saya kaget Zulham jadi kiper. Itu pada (Liga 1) tahun lalu, musim 2019, ” tukasnya.

Penyerang Persib Zulham Zamrun (kiri) melaksanakan latihan perdana bersama Persib di lapangan Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jumat (14/8/2020). [Dok. Persib]

Teja pun mengaku kondisi fisiknya kini sudah semakin meningkat sudah menjalani latihan rutin beberapa pekan lalu. Kiper berusia 26 tahun itu, mengaku sangat bersemangat untuk segera menjalani laga lanjutan Gabungan 1 2020.

“Alhamdulillah kondisi semakin positif, dengan dua minggu kita fokus ke fisik mungkin fisik sudah mulai naik. Pesan coach sesuai kemarin sebelum pandemi ini kita optimis untuk juara Liga 1, ” imbuhnya. (Aminuddin)