Bima Sakti: TC Timnas Indonesia U-16 di Luar Negeri Belum Pasti

–>

Suara. com – Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengaku kabar timnya bakal dikirim ke luar negeri untuk menjalani training camp (TC) masih belum pasti. Pandemi COVID-19 yang masih terjadi sampai dengan saat ini menyulitkan segala sesuatunya.

Kabar Timnas U-16 bakal dikirim ke luar negeri untuk TC keluar dari Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Lelaki yang merupakan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI ini menyebut Timnas U-16 akan diusahakan menjalani pemusatan latihan di luar negeri, setelah batal melakukan uji coba dengan Uni Emirat Arab di bulan Oktober ini.

Bahkan, Yunus menyebut PSSI punya rencana mengirim Garuda Asia –julukan Timnas U-16– ke Turki. Nantinya, armada Bima Sakti akan bergabung bersama Timnas Indonesia U-19 yang saat ini sedang TC di Kroasia.

Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti (kedua kanan) memimpin sesi latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2019). Latihan tersebut untuk persiapan jelang pertandingan melawan Timnas U-16 Kepulauan Mariana Utara dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

Namun, rencana pemusatan latihan di Turki belum bisa terlaksana. Pasalnya, PSSI belum mendapat respons dari federasi sepakbola Turki mengenai hal ini.

“Untuk pemusatan latihan di luar negeri masih belum pasti, ” kata Bima saat dikonfirmasi Suara. com lewat pesan WhatsApp, Jumat (2/10/2020).

Meski begitu, eks penggawa Timnas Indonesia era 1990-an ini mengakui PSSI sudah punya rencana tersebut. Namun, masih sulit dilakukan karena adanya pandemi COVID-19.

“Sebenarnya memang sudah direncanakan. Tapi situasi pandemi seperti sekarang memang agak sulit jadinya, ” pungkas mantan pemain Persiba Balikpapan ini.

Sejauh ini, Garuda Asia rutin berkumpul dalam setiap bulannya untuk pemusatan latihan. Namun, mereka kesulitan menemukan lawan uji coba internasional di situasi pandemi seperti sekarang.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-16 disiapkan untuk Piala Asia U-16 pada awal tahun 2021. Armada Bima Sakti ini diharapkan bisa mencapai semifinal agar tampil pada Piala Dunia U-17 2021 di Peru.