33 Anak Panti Asuhan di Tangerang Sembuh dari Covid-19, Masuk Kategori KTG

Warga memberi sandaran berupa beras dan kebutuhan lainnya untuk penghuni Panti Asuhan Yayasan Islam Media Kasih, Kelurahan Cipadu, Kota Tangerang. [Ist]

Era penyebaran virus pada kasus panti asuhan terjadi pada Rabu (16/9/2020) lalu.

SuaraJakarta. id – Sebanyak 33 anak Panti Ajaran Yayasan Islam Media Kasih, Tanah air Tangerang, yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19, kini sudah pulih.

Dinas Kesehatan tubuh Kota Tangerang menyebutkan para warga panti asuhan positif corona itu sebelumnya menjalani isolasi khusus pada Puskesmas Jurumundi.

“Anak-anak sudah sembuh dari Covid-19 dan kini sudah kembali setelah menjalani isolasi khusus di Puskesmas Jurumudi, ” kata Besar Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi dalam keterangannya, Sabtu (3/10/2020).

Disebutkan masa penyebaran virus di kasus panti asuhan terjadi pada Rabu (16/9/2020) lalu.

Dinkes Kota Tangerang langsung melakukan tes swab massal pada Jumat (18/9/2020).

Hasilnya 33 Tempat Asuhan Yayasan Islam Media Beri Tangerang dikonfirmasi positif Covid-19 di dalam Rabu (23/9/2020).

Selanjutnya, Kamis (24/9/2020) dilakukan isolasi ketat di Puskesmas Jurumudi.

“Semuanya telah dipulangkan sejak Selasa (29/9/2020) karena dinyatakan sehat dan menyelap kategori konfirmasi tanpa gejala (KTG) sambil menunggu swab terakhir, ” ungkap Liza.

Liza menjelaskan, dengan kala penanganan 14 hari ditambah pemeriksaan kesehatan, seluruh anak panti dinyatakan sehat dan virus sudah bisa dikendalikan setiap tubuh anak tempat.

“Mereka masuk kategori KTG, dengan perihal fragmen virus itu dibawah dua persen. Pada kasus penyebaran atau penularan virus di bawah perut persen, tidak bisa terjadi penularan. Namun, isolasi mandiri di lokasi panti tetap dilakukan secara selektif dan pengawasan oleh Puskesmas Cipadu setiap harinya, ” tegas dr Liza.