Masukan Psikolog Untuk Atasi Anak Pelik Belajar di Rumah

–>

Suara. com porakporanda Anak belajar pada rumah adalah tantangan baik bagi orangtua maupun anak. Kegiatan dengan telah berlangsung sejak awal pandemi ini ternyata perlahan membuat beberapa besar orangtua mulai merasa kewalahan. Banyak orangtua mulai pusing secara jadwal belajar di rumah, karena harus dilakukan bersamaan dengan order kantor yang juga dilakukan di rumah, pekerjaan rumah tangga, tenggat mengasuh dan menemani anak bermain.

Lalu bagaimana cara menyikapinya agar orangtua tetap sepi dalam melakukan kewajiban tersebut? Psikolog Ayoe Sutomo, M. Psi mengutarakan hal pertama yang harus dikerjakan orangtua adalah dengan tetap memiliki mindset atau pola pikir main seperti biasa.

Tetapi, memang tak dipungkiri bahwa tersedia masanya anak menjadi sulit diatur saat tiba waktu belajar, mulai dari malas-malasan hingga sulit berkonsentrasi. Pusing apa yang harus dilakukan? Coba saran Ayoe berikut itu, dikutip dari IG live yang diadakan Orami Parenting, Minggu (4/10/2020).

1. Temani anak saat belajar
Orang tua harus bisa menjaga semangat belajar anak agar jangan sampai kendor. Temani anak zaman waktunya untuk belajar. Cara itu bisa membuat anak menjadi lebih semangat dalam belajar karena merasa orangtua memberikan perhatian.

2. Kuncinya sabar
Orangtua kudu bisa menahan segala emosi. Pahami kondisi anak yang mungkin bosan dengan pandemi ini, yang membuatnya harus melewat kegiatan belajar di panti seperti sekarang.

3. Tidak memaksa anak
Hindari memaksa anak untuk terus belajar. Untuk itu, coba ajak anak reses sejenak dan mencoba untuk memberikan jeda supaya anak tenang dan santai ketika belajar.

4. Matikan TV saat belajar
Kala anak sedang belajar, pastikan seluruh televisi, gawai, dan hal-hal dengan bisa menganggu konsentrasi disingkirkan supaya anak bisa fokus belajar. Berikan pengertian bahwa boleh menggunakan perangkat dan sebagainya tersebut setelah usai belajar.

5. Sediakan banyak tampang bacaan
Bacaan apa saja seperti buku, koran, apalagi poster bisa membantu anak tahu keberagaman dunia dan membuka wawasannya. Alangkah baiknya memenuhi rumah secara bahan bacaan sehingga akan memerosokkan anak untuk ingin tahu serta mencari jawaban lewat sumber keterangan terbaik.

6. Sediakan alat tunjang belajar
Anak mempunyai kecenderungan pola belajar kombinasi. Memang akan ada satu cara bersekolah dominan, tetapi dua cara bersekolah yang lain akan membantu bujang memiliki variasi kegiatan sehingga kegiatan belajar semakin menarik.

Anda bisa menyediakan cara bantu belajar, seperti menyediakan spidol warna, audio set, musik berisi, atau alat-alat penunjang art and craft. Bisa juga dengan membeli peralatan belajar dengan motif pilihan anak, sehingga anak akan selalu semangat ketika belajar.