Kecil-kecil Cabe Rawit, Mobil Polisi Bojonegoro ini Punya Kemampuan Lengkap

Suara. com – Mobil petugas identik dengan warna abu-abu dengan adanya tulisan “polisi” di kap mesin atau di bodi samping mobil. Tak cuma itu, mobil ini dibekali sirine pada bagian atap mobil.

Biasanya mobil ini dikendarai oleh salah seorang sopir. Namun pernahkah melihat sebuah mobil petugas yang berjalan sendiri tanpa adanya sopir?

Seperti sebuah video viral di media sosial satu ini. Potret mobil polisi yang diunggah oleh akun Instagram @polisi_indonesia ini memperlihatkan mobil polisi bisa berjalan sendiri minus adanya sopir.

Mobil polisi ini berawal dari Bojonegoro, Jawa Timur yang dibuat untuk memudahkan polisi pada pengawasan di saat pandemi ini.

Baca Juga: Dari ‘Sampah’ Jadi Barang Mewah, Potret Suzuki Carry Mengecap Toyota Alphard

Berbeda dengan mobil polisi lainnya, mobil ini memiliki dimensi yang cukup mungil. Mungkin jika diibaratkan seperti mobil remote control.

Mobil polisi tanpa sopir (Instagram)

Namun mobil ini jangan dianggap remeh. Mobil yang dijuluki Bobota ini memiliki sejumlah fitur dengan cukup membuat pengguna jalan wajib waspada.

Terdapat 5 fitur yang disematkan pada mobil polisi unik utama ini.

Prima, sebuah kamera ALPR (Automatic License Plate Recognition). Kamera ini berfungsi untuk mendeteksi tanda nomor organ bermotor secara otomatis.

Nantinya mobil penjaga ini bisa merekam, serta menyimpan data nomor kendaraan bermotor jadi pendataan plat nomor kendaraan sanggup dilakukan pada saat kegiatan patroli, dan dilengkapi alarm apabila tersedia nomor kendaraaan yang masuk dalam blacklist.

Baca Serupa: Detik-detik Pemobil Selamat Dari Maut Saat di Timah, Skillnya Bikin Kagum

Fitur kedua yakni AI Camera (FaceMask Detection Alert). Fitur ini memiliki kegiatan mendeteksi setiap masyarakat yang tak menggunakan masker dan dilengkapi dengan himbauan untuk penggunaan masker.