Penuh, Pihak TPU Pondok Ranggon Cari Lahan Baru Khusus Jenazah Covid-19

Suara. com awut-awutan Makam khusus jenazah terpapar Covid-19 yang disediakan pada Taman Pemakaman Umum (TPU) Tempat tinggal Ranggon dilaporkan telah penuh sebab lonjakan angka kematian akibat Corona.

Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Muhaimin, mengaku pihaknya tetap berupaya mencari lokasi dengan memungkinkan untuk penggalian lahan.

Untuk sementara, karena petak bagi jenazah Covid-19 dalam unit muslim penuh, opsi pemakaman tumpang diterapkan oleh pihak TPU Pondok Ranggon.

“Kami masih berusaha membongkar-bongkar lokasi-lokasi yang masih memungkinkan, ” ungkap Muhaimin kepada Suara. com, Selasa (1/12/2020).

Mengaji Juga: Kabar Membatalkan, Lahan Jenazah Covid-19 TPU Jambar Ranggon Penuh

Pihak TPU Jambar Ranggon akan mencari lokasi-lokasi yang aman dari longsor. Artinya, lahan tersebut masih aman untuk dilakukan penggalian untuk liang lahat.

“Kami mau menginventalisir lokasi-lokasi yamg sekiranya tidak akan longsor, ” sambung dia.

Muhaimin mengatakan, sejak 8 November 2020, pihaknya telah menerapkan opsi pemakaman tumpang bagi jenazah Covid-19 — khususnya di unit muslim. Kejadian tersebut dilakukan lantaran petak untuk jenazah Covid-19 di unit muslim telah penuh.

Karena unit muslim telah lengkap, maka pihak TPU Pondok Ranggon hanya melayani dengan sistem tumpang. Artinya, jenazah pasien yang wafat karena Covid-19 bisa ditumpang di makam keluarganya.

“Jadi muslim bisa dilayani dengan sistem tumpang. Misalnya, seseorang ada yang telah dimakamkan di TPU Pondok Ranggon, kemudian, tersedia keluarga yang meninggal karena Covid. Nantinya jenazah tersebut bisa dimakamkan tumpang di makam tersebut, ” kata dia.

Membaca Juga: Ini Kondisi Tumpang Makam Jenazah Covid dalam Unit Kristen TPU Pondok Ranggon

Meski unit muslim sudah sempurna, ketersediaan petak lahan bagi jenazah Covid-19 di unit kristen atau non muslim masih tersedia. Muhaimin merinci, total petak yang ada berkisar di angka 80 maka 100 petak.